Flores & Komodo Tours
Komodo &  Flores Tour Packages

Paket Tur Flores dan Komodo 6 hari / 5 malam

RUTE PERJALANAN:
✈ Maumere ➝ Moni/Kelimutu ➝ Bajawa ➝ Ruteng ➝ Labuan Bajo ➝ Kapal ke Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo ➝ Labuan Bajo ✈

Hari ke-1:

Penjemputan dari bandara, lanjutkan ke Moni/Kelimutu

Penjemputan dari bandara di maumere atau Ende, lanjutkan ke Moni. Dari bandara di maumere perjalanan memakan waktu 3,5-4 jam dan dari bandara Ende 1,5-2,5 jam. Jika Anda tiba di maumere pada waktu makan siang, maka dalam perjalanan ke Moni memungkinkan untuk mengunjungi desa Sikka dan Pantai Koka yang indah. Akomodasi di sebuah bungalow di Kelimutu Eco Lodge yang terpencil terletak dikelilingi oleh alam yang indah tepat di luar desa Moni..

Koka Beach - Flores Island - Indonesia
Alte Kirche im Dorf Sikka Flores Indonesien
Kelimutu Eco Lodge

Hari ke-2:

Danau 3 warna Kelimutu ➝ Bajawa

Kelimutu adalah gunung berapi di dekat desa Moni di Flores BagianTengah, Indonesia. Gunung Berapi Kelimutu terdiri dari tiga danau kawah yang memiliki warna berbeda karena mineral. Warna danau telah berubah beberapa kali secara dramatis selama beberapa tahun terakhir. Kawah merupakan tempat persembunyian para arwah menurut kepercayaan penduduk setempat. Kemudian arwah/roh anak laki-laki dan perempuan tinggal di Tiwu Nuwa Muri Koo Fai ,yang berubah warna antara biru kehijauan, biru dan putih kehijauan. Di Tiwu Ata Polo merupakan tempat untuk arwah/roh orang berdosa menunggu sampai malam, untuk terbang mengikuti angin dan menghancurkan setiap Penyusup yang hidup. Danau ini merubah warna antara warna merah, hijau tua, merah tua dan warna hijau. Jiwa orang-orang yang sudah tua beristirahat di Tiwu Ata Bupu. Danau yang sekarang hampir hitam itu dulunya berwarna biru tua, lalu biru muda menjadi putih. Nama Kelimutu sendiri dalam bahasa lokal memiliki arti 'keli' = 'gunung' dan 'mutu' = 'mendidih'.

Pada hari ini, kita harus bangun pagi-pagi dan setelah secangkir kopi atau teh, kita berangkat ke Gunung Kelimutu. Setelah 30 menit kita sampai di tempat parkir, dan disini jalan kaki menyenangkan sekitar 1,5 km dan 127 anak tangga menuju ke puncak Gunung Kelimutu pada ketinggian 1690 m. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan indah dari ketiga Danau kawah Kelimutu dan pedesaan sekitarnya. Kira-kira pukul 10.00 kabut atau awan bisa muncul dan menghalangi pemandangan sehingga lebih bagus untuk naik setidaknya antara pukul 8 dan 9. Di tengah kawasan danau, warna danau terlihat spektakuler.

Akan menjadi kejutan warna apa yang akan dimiliki Danau Kelimutu ketika kita berkunjung.

Indonesia - Flores Island -  Kelimutu -  The east lake is also called Tiwu Ata Polo (Bewitched or Enchanted Lake).
Kelimutu National Park - Flores Island - Indonesia

Dalam perjalanan kembali dari Gunung Kelimutu ke Moni, kita akan melewati persawahan yang indah dan hutan tropis. Di sini dianjurkan untuk membuat foto dalam perjalanan, dan berjalan kaki beberapa saat, sementara mobil bergerak maju dan menunggu Anda. Jarak tempuh dari tempat parkir Kelimutu ke jalan utama Moni adalah 14 km. Sesampainya di Moni kita bisa sarapan pagi di hotel sebelum berangkat. Kemudian ke Ende dengan berhenti di pasar buah di Nduaria, Kampung Wologai, dengan rumah-rumah tradisional yang terawat baik di wilayah Ende / Lio yang dulunya berarsitektur khas Lio dan persawahan di Detusoko. Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Bajawa dengan berhenti di Pantai Penggajawa yang banyak bertabur batu berwarna. Batuannya didominasi warna biru hingga biru kehijauan, tetapi juga batu hijau dan merah di antaranya. Batu-batu tersebut dikumpulkan oleh penduduk setempat dan dijual sebagai bahan bangunan. Dalam perjalanan ke Bajawa, kita akan berjalan kaki sebentar dan berhenti untuk menikmati keindahan pemandangan alam.

Rice fields on Flores between Moni an Ende
Lio Village
Local exotic market on Flores Island in Indonesia

Menjelang sore tiba di kota Bajawa. Akomodasi di Hotel in Bajawa.

Hari ke-3:

Bajawa ➝ Kampung Tradisional Bena ➝ Ruteng

Setelah sarapan pagi, kita memulai perjalanan ke Kampung Bena, salah satu desa paling tradisional di Kabupaten Ngada. Desa itu terdiri dari dua baris rumah beratap jerami berusia ratusan tahun di sepanjang punggung bukit. Di tengahnya, Anda dapat melihat rumah pemujaan dan monumen batu yang jauh lebih tua yang dulunya digunakan untuk ritual pengorbanan dalam agama lokal kuno. Orang-orang Kristen setempat masih menggunakan situs bersejarah yang dilindungi ini untuk beribadah. Setelah itu kami mengunjungi desa tradisional Luba yang lebih kecil, yang letaknya tidak jauh dari kampong Bena.

Bena Village
Bambus Florest on the way to Bena
 Luba in Ngada

Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Ruteng, berhenti untuk berjalan kaki singkat di sepanjang jalan. Kita akan berhenti sejenak di Aimere untuk melihat orang-orang membuat arak dengan cara yang sangat tradisional. Makan siang akan disajikan di restoran lokal dalam perjalanan. Hari ini adalah perjalanan yang spektakuler. Nikmati perjalanan melalui perbukitan bergelombang dengan pegunungan yang berdiri megah di kejauhan. Sawah terasering di Mano membuat pemandangan spektakuler, dengan pemandangan Danau Rana Mese yang indah. Sore hari mengunjungi Ruteng Pu'u untuk melihat "Rumah Adat" dan menikmati panorama kota Ruteng. Akomodasi di Hotel di Ruteng

Hari ke-4:

Ruteng ➝ Labuan Bajo

Setelah sarapan pagi kita berkendara dari Ruteng ke Labuan Bajo. Pemberhentian pertama kita hari ini adalah di Cancar untuk melihat "sawah jaring laba-laba" yang disebut Lingko. Lingko adalah tanah khas petani dalam kelompok atau marga milik Orang Manggarai (suku bagian barat) saat mereka membagi tanah. Kemudian kita melanjutkan ke Todo (2 jam perjalanan) di Manggarai Tengah. Ini adalah salah satu dari sedikit kemungkinan untuk melihat rumah upacara adat Mbaru Niang. Dulu, Todo juga merupakan Pusat Kerajaan Manggarai dan rumah klan Kerajaan. Alternatif dari Todo Anda bisa mengunjungi Liang Bua (gua Hobbit). Gua besar ini adalah situs penemuan arkeologi yang menakjubkan pada tahun 2003, ketika sisa-sisa kerangka orang pendek dan kecil digali, yang disebut Homo Floresiensis. Ada sebuah museum kecil di lokasi dengan beberapa pajangan. Selain itu goa tersebut memang kosong dan kondisi jalan kurang baik namun pemandangannya indah.

Spider rice fields on Flores
Mbaru Niang  in Todo
Caci

Jika Anda memilih untuk 2 malam di Ruteng Anda dapat mengunjungi kedua situs tersebut dan melakukan pendakian dari Gua Hobbit ke Air Terjun Tengkulese. Opsional dan dengan biaya tambahan kita dapat mengunjungi Melo untuk melihat pertunjukan Caci - tarian pertarungan cambuk ritual.

Tergantung pada pilihan Anda, ketersediaan dan akomodasi di Puri Sari Beach Hotel di Labuan Bajo

Hari ke-5:

Labuan Bajo ➝ Tamasya Sehari ke Pulau Rinca ➝ Labuan Bajo

Pulau Rinca memiliki lebih banyak jumlah Komodo sehingga sangat mungkin untuk melihat Komodo. Setibanya di Rinca kita memulai perjalanan selama 3 jam melalui lanskap yang dihiasi dengan pohon palem Lontar. Kita tidak hanya akan melihat Komodo tetapi kita juga akan melihat hewan lain, seperti rusa timor, kerbau, monyet, babi hutan, dan burung-burung eksotis. Ada pemandangan lereng yang menakjubkan. Makan siang akan disajikan setelah kembali ke kapal.

Labuan Bajo - Flores Island - Indonesia
Wooden traditional boat for day excursion to Rinca Island in Komodo National Park in Indonesia
Komodo National Park - Flores Island - Indonesia

Dalam perjalanan pulang ke Labuan Bajo akan berhenti sejenak untuk snorkeling di Manjarite dan Pulau Kalong. Sore tiba kembali di Labuanbajo.

Hari ke-6:

✈ Keberangkatan dari Pulau Flores

Tur diakhiri dengan transfer ke bandara di Labuan Bajo. Jika Anda memiliki penerbangan sore, maka kami dapat menawarkan tamasya setengah hari opsional di sekitar Labuan Bajo dengan mengunjungi Gua Batu Cermin.

Tur ini juga bisa dilakukan dengan arah berlawanan, yaitu mulai dari Labuan Bajo dan berakhir di maumere.

Testimonials

Kami di Flores untuk membantu anda. Manfaat dari pengalaman kami selama bertahun - tahun di Flores

Flores Indonesia Tours von PT.Rijamo - Indonesia Travel Agent

Semua tur kami bersifat pribadi dan disesuaikan dengan minat, jadwal, dan keinginan pribadi Anda. Anda dipersilakan untuk mengirimkan pertanyaan Anda kepada kami. Anda dapat menulis dalam bahasa Inggris, Jerman dan Indonesia. Kami akan segera menghubungi Anda kembali dengan informasi yang Anda butuhkan. Kami berada di Indonesia, oleh karena itu mohon diperhatikan bahwa ada perbedaan waktu.

Kantor di Pulau Flores:
Jln. Nai Roa KM 9, Desa Waiara
Maumere 86112
NTT - Indonesia

+ 62 (0) 81337001250 (WA)
floresindonesiatours (at)gmail.com

PT RIJAMO FLORES Tourismus Services
Denpasar 80237
Bali - Indonesia

© Copyright 2005-2024. All rights reserved.